Autohint – Di bulan suci Ramadan ini, Sejumlah produsen otomotif menghadirkan berbagai program promosi dan penawaran menarik bagi konsumennya.
Namun, Kawasaki Indonesia memilih jalur berbeda dengan meluncurkan dua motor gede terbaru mereka, Z900 dan Z900 SE, yang resmi diperkenalkan ke pasar Indonesia pada Kamis (13/3/2025) di showroom Kawasaki Abdul Muis.
Kejutan terbesar datang dari harga yang ditawarkan, di mana Z900 dibanderol Rp199,9 juta dan Z900 SE dijual dengan harga Rp219,9 juta. Kedua motor ini menawarkan nilai yang menarik bagi para penggemar moge, terutama jika dibandingkan dengan model sport lainnya seperti ZX-25R.
Dari segi desain, Z900 dan Z900 SE tetap mengusung konsep Sugomi yang khas dengan tampilan agresif dan elegan. Dengan garis bodi yang tajam serta shroud aluminium berlogo "Z", motor ini memiliki kesan lebih premium dibandingkan pendahulunya. Tangki bahan bakar yang ramping dan desain buritan yang lebih modern dengan lampu LED semakin mempertegas aura sporty motor ini.
Performa Z900 ditopang oleh mesin 948cc In-Line Four yang memberikan tenaga besar dengan responsivitas tinggi. Sistem suspensi depan menggunakan inverted fork untuk kestabilan yang lebih baik, sementara suspensi belakang horizontal back-link meningkatkan kenyamanan berkendara.
Kawasaki juga melengkapi motor ini dengan teknologi Quick Shifter (KQS), yang memungkinkan perpindahan gigi lebih mulus tanpa perlu menekan kopling.
Sementara itu, Z900 SE hadir dengan beberapa peningkatan khusus. Suspensi belakang Öhlins yang lebih canggih memberikan pengalaman berkendara yang lebih halus, sedangkan sistem pengereman Brembo memastikan daya cengkeram yang lebih maksimal saat melakukan pengereman. Selain itu, Z900 SE juga memiliki sentuhan desain eksklusif dengan kombinasi warna dan grafis khusus yang semakin memperkuat karakter premium motor ini.
Dari aspek fitur, kedua model ini dibekali dengan teknologi canggih yang menunjang kenyamanan dan kemudahan berkendara. Sistem pencahayaan menggunakan LED dengan teknologi Light Guiding, memastikan penerangan lebih optimal. Panel instrumen berbasis layar TFT memberikan informasi yang lebih jelas dan mudah dibaca, menjadikan pengalaman berkendara semakin modern.
Selain itu, Kawasaki menyertakan fitur konektivitas melalui aplikasi RIDEOLOGY THE APP MOTORCYCLE. Fitur perintah suara memungkinkan pengendara untuk mengakses berbagai informasi kendaraan dan menyesuaikan pengaturan tanpa perlu menggunakan tangan, serta menyediakan navigasi turn-by-turn langsung di layar motor.
Tak ketinggalan, fitur Cruise Control Elektronik juga disematkan untuk memberikan kenyamanan saat berkendara jarak jauh. Dengan fitur ini, pengendara bisa menjaga kecepatan tanpa harus terus-menerus menarik gas, sehingga perjalanan jauh terasa lebih santai.
“Ini adalah langkah besar Kami untuk memberikan pengalaman berkendara yang lebih seru dan inovatif. Dengan konsep desain Sugomi yang menonjolkan tampilan agresif dan harga yang bersaing. Kami juga menerapkan sistem harga dinamis, di mana harga kedua model ini akan berubah berdasarkan kuota pembeli tercepat. Kami berharap Z900 dan Z900 SE dapat memenuhi ekspektasi para pengendara motor Big bike di Indonesia.” ujar Department Head of Sales & Promotion Kawasaki Indonesia, Michael C. Tanadhi. "
Spesifikasi Z900 & Z900 SE
POWERTRAIN
Jenis Mesin: Liquid-cooled, 4-stroke In-Line Four
Sistem Pengapian: Digital
Power Maksimum: 92,2 kW {125 PS} / 9.500 rpm
Torsi Maksimum: 98,6 Nm {10,1 kgfm} / 7.700 rpm
Diameter x Langkah: 73,4 x 56,0 mm
Kapasitas Mesin: 948 cc
Sistem Katup: DOHC, 16 valves
Perbandingan Kompresi: 11,8:1
Transmisi: 6-speed, return
Primary Reduction Ratio: 1,627 (83/51)
Final Reduction Ratio: 2,933 (44/15)
PERFORMANCE
Suspensi Depan:
-ø41 mm inverted fork with rebound damping and spring preload adjustability
-ø41 mm inverted fork with compression and rebound damping and spring preload adjustability (SE)
Suspensi Belakang:
-Horizontal Back-link, gas-charged shock with rebound damping and spring preload adjustability
-Horizontal Back-link, Öhlins S46 gas-charged shock with rebound damping and spring preload adjustability (SE)
Rem Depan
-Dual semi-floating ø300 mm discs
-Dual semi-floating ø300 mm Brembo discs (SE)
Kaliper Depan
-Dual radial-mount, opposed 4-piston
-Dual radial-mount, Brembo M4.32 monobloc, opposed 4-piston (SE)
Rem Belakang: ø250 mm disc
Roda Depan: 120/70ZR17M/C (58W)
Roda Belakang:180/55ZR17M/C (73W)
Dimensi:
-2.065 x 830 x 1.075 mm
-2.065 x 830 x 1.135 mm (SE)
Jarak poros roda: 1.450 mm
Jarak ke Tanah: 810 mm
Berat Kosong:
-213 kg
-214 kg (SE)
Berat Kering: 193 kg dan 194 kg (SE)
Kapasitas Bensin: 14 litres**







